WARTA 24 NUSA TENGGARA TIMUR

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Wisata Unik di Lembata, Setiap 20 Menit Meletus dan ...

Posted by On 11.02

Wisata Unik di Lembata, Setiap 20 Menit Meletus dan ...

Wisata Unik di Lembata, Setiap 20 Menit Meletus dan Mengeluarkan Lahar

Gunung Batutara adalah gunung dengan jenis stratovolcano. Berbagai jenis vegetasi menghiasi gunung Batutara. Letusan

Wisata Unik di Lembata, Setiap 20 Menit Meletus dan Mengeluarkan LaharNetGunung Batu Tara di Lembata

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Kabupaten Lembata, NTT memiliki satu tempat wisata unik, yakni di Gunung Api Batutara. Gunung berapi ini berada di Pulau Komba.Gunung tersebut terletak di Laut Flores sebelah utara Pulau Lembata.

Gunung Batutara adalah gunung dengan jenis stratovolcano. Berbagai jenis vegetasi menghiasi gunung Batutara. Letusan pertama yang diketahui terjadi pada tahun 1852 dengan menyem burkan lava. Letusan terakhir dari gunung Batutara terjadi pada tahun 2008.

"Keunikan Gunung Batutara adalah meletus setiap 20 menit, disertai lahar panas pijar membara dan membentuk bunga api yang indah disertai tsunami kecil tetapi tidak membahayakan dan dapat disaksikan dari jarak lebih kurang 20 meter," kata Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday beberapa waktu lalu.

Menurut Thomas, aktivitas gunung ini berlangsung sepanjang hari tiada henti. Paling indah disaksikan pada malam hari, terutama di saat magrib dan subuh.

Jarak tempuh dengan kapal cepat dari Lewoleba, ibu kota Kabupaten Lembata sekitar 90 menit.

Gunung Ile Batutara merupakan salah satu dari tiga gunung di dunia dengan keunikan yang sama. Selain di Lembata, gunung unik berada di Sisilia dan Atlantik.

Pada tanggal 20 Oktober 2017, Gunung Ile Batutara dikunjungi oleh 35 wisatawan asing dari Amerika Latin.

"Kami mengajak semua wisatawan domestik untuk menjadi ora ng pertama yang mengunjungi dan menikmati keajaiban dan keunikan Ile Batutara, sebelum wisatawan mancanegara menikmatinya," sebutnya.

Pada Sabtu (25/11/2017) lalu, keunikan Gunung Api Batutara mendapat penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017 diserahkan di Jakarta. Penghargaan itu diserahkan Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara kepada para pemenang dari 15 kategori, juara favorit, dan juara umum.

Wakil Bupati Lembata Dr. Thomas Ola Langodai melalui menyatakan, menyambut baik penghargaan tersebut yang akan dijadikannya sebagai harapan bagi perkembangan pariwisata Lembata

Halaman selanjutnya 12
Editor: Putra Sumber: Pos Kupang Cetak Ikuti kami di Pria yang Berbulan-bulan Melaut Ini Kaget Pulang Ada Fotonya dan Abu Jenaza h, Ternyata yang Terjadi Sumber: Google News | Warta 24 Lembata

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »