WARTA 24 NUSA TENGGARA TIMUR

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Panwaslu Ende Gelar FGD Pengawasan Pemilu Partisipatif

Posted by On 20.03

Panwaslu Ende Gelar FGD Pengawasan Pemilu Partisipatif

Panwaslu Ende Gelar FGD Pengawasan Pemilu Partisipatif

Untuk menciptakan pemilukada yang jujur dan adil maka perlu dilakukan hal-hal seperti ini

Panwaslu Ende Gelar FGD Pengawasan Pemilu PartisipatifPos Kupang/Romualdus PiusKetua Bawaslu Kabupaten Ende, Esterina Sagajoka memberikan sambutan pada kegiatan FGD, Kamis (14/12/2017)

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM | ENDE - Panwaslu Kabupaten Ende menggelar kegiatan Foccus Group Discution (FGD) yang berlangsung di Aula Restoran Cita Rasa, Ende, Kamis (14/12/2017).

Hadir dalam kegiatan itu Ketua Banwas Kabupaten Ende, Esterina Sagajoka dan anggota Bawaslu Kabupaten Ende.

Ketua Bawaslu Kabupaten Ende, Esterina Sagajoka mengatakan pengawasan dan pemantuan Pemilu merupakan suatu bagian dari upaya kontrol terhadap proses Pemilu keduanya merupakan satu fungsi yang sama dalam mengawal penyelenggaraan Pemilu yang jujur, adil, bermartabat dan berkualitas.

Untuk menjamin agar Pemilu berjalan seusai dengan ketentuan dan asas Pemilu diperlukan suatu pengawalan terhadap jalannya setiap tahapan Pemilu.

Dalam konteks pengawasan secara kelembagaan ada Badan Pengawas Pemilu dan jajaranya sampai di tingkat desa dan kelurahan dan juga di TPS.

Pengawasan dari Bawaslu dan jajaranya adalah pengawasan terlembaga dan suatu organ negara.

Disamping pengawasan oleh Bawaslu terdapat juga pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat terhadap proses penyelenggaraan Pemilu yang disebut dengan kegiatan Pemantuan Pemilu.

Adanya partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan Pemilu ini adalah bentuk dari penggunaan hak warga untuk mengawal hak pilihnya.

Kegiatan pemantuan juga merupakan upaya kontrol dari publik untuk menjaga suara dan kedaulatan rakyat dalam penyelenggaraan negara.

Untuk itu Panwaslu Kabupaten Ende mengharapkan partisipasi serta kerjasama untuk berpartisipasi dalam mengawal penyelenggaran Pemilu dalam tiap tahapan sesuai tugas pokok dan tanggungjawab masing-masing berdasarkan undang-undang.

Gagasan terhadap partisipasi masyarakat sipil dalam melakukan pengawasan Pemilu ini didorong oleh ide keterlibatan masyarakat dalam melakukan pengawasan Pemilu masuk dalam agenda dan rencana program jangka panjang dari institusi negara yang berwewenang. Selain itu ada usulan rencana sistem dalam partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan.

Esterina mengatakan, pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilu baik Pemilu Kepala Daerah ataupun Pemilu Legislatif juga Pilpres tidak semata-mata menjadi tugas dari Bawaslu namun juga tugas dan tanggungjawab masyarakat.

Oleh karena itu, diharapakan peran serta dari masyarakat dalam melakukan pengawasan.

Hadir dalam kegiatan FGD itu para pengurus Parpol di Kabupaten Ende juga tokoh masyarakat dan tokoh agama serta LSM maupun media massa. (*)

Penulis: Romoaldus Pius Editor: marsel_ali Sumber: Pos Kupang Ikuti kami di Gadis 12 Tahun Melahirkan Diam-diam lalu Simpan Bayi di Almari, Identitas Ayah Bayi Bikin Syok Sumber: Google News | Warta 24 Ende

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »